Legenda - Legenda

Legenda, Mitos, Sejarah dan yang lain-lainnya, sampai saat ini ternyata membuat manusia tertarik untuk mengetahui lebih banyak dan dalam. Percaya atau tidak, itu pilihan anda... Paling tidak membuat anda sedikit tahu daripada orang lain.

My Photo
Name:
Location: Malang, East Java, Indonesia

Tuesday, October 19, 2004

Bunga Wijayakusuma

Di kalangan Keraton percaya bahwa seorang Raja yang akan naik tahta, salah satu syarat harus dipenuhi ialah memiliki sekuntum bunga yang bernama Wit Wijaya Kusuma.

Bunga ini bagaikan perlambang seorang raja, baunya harum, semerbak bagaikan gambir melati, warnanya indah mempesona, merupakan perlambang watak dan pribadi seorang Raja. Adapun nama bunga ini sendiri mengandung arti yang dalam yaitu :
Wit ialah yang membikin tegak itu adalah bunga, mengandung arti :watak orang yang teguh, bermanfaat dan berguna bagi umat manusia.
Wi mengandung arti menguasai segala ilmu, ilmu tata lahir dan bathin
Jaya berarti menang, ibarat unggul tanpa ngasorake, teguh tanpa ,meremehkan asih tanpa pamrih.
Kusuma tedak turuning Ratu, maha mbeg utama berbudi luhur, pepindaning rembesing madu, (artinya sebagai keturunan seorang raja harus memiliki watak utama, berbudi luhur, ibarat sari dari madu).

Bunga dari pohon wijaya kusuma adanya hanya ada di Laut Anakan di Cilacap. Tidak sembarang waktu ada, tidak sembarang orang dapat mengambilnya. Hanya dengan jalan meditasi dan mensucikan diri secara khusuk mohon petunjuk dari yang maha kuasa, agar mendapatkan bisikan gaib untuk mengambil bunga tersebut dalam keadaan mekar. Biasanya pengambilan tersebut diserahkan kepada orang-orang sakti atas suruhan raja. Simbolisme dari wijaya kusuma ini diharapkan menimbulkan perasaan tentram dan damai, bikin terang hati manusia, menjunjung tinggi perilaku asih, paromomarta, mengandung ajaran agidang, adigung, adiguna, tidak mementingkan diri sendiri, tidak sewenang-wenang ibarat paring payung wong kang kodanan, paring teken wong kaluyon, paring sandang wong kawudan, paring pangan wong kaluwen.

Untuk kesempurnaan ini harus disertai lelaku atau tirakat secara teratur, serta selalu mohon kepada Yang Maha Kuasa agar jalan hidup ini diberkahi dan dituntun kearah karahayon. Demikianlah kira-kira ciri-ciri orang yang akan atau bisa mendapatkan Bunga Wijaya Kusuma.